Sabtu, 29 Januari 2011

HADIST HR. BUKHARI

Sesungguhnya memperoleh ilmu hanya dengan belajar. (HR. Bukhari)

 

Ada dua kenikmatan yang membuat banyak orang terpedaya yakni nikmat sehat dan waktu senggang..(HR. Bukhari)

 

Orang yang memberi petunjuk kepada kebaikan sama pahalanya seperti orang yang melakukannya. (HR. Bukhari)

Tiada muslim yg tertusuk duri/yg lebih dari itu, kecuali Allah mencatat baginya kebaikan&menghapus darinya dosa (HR.Bukhari)

 

Ya Nabi, berilah aku wasiat" Rasulullah SAW bersabda, "Jangan marah!" Ditanya berulangkali & tetap dijawab "jangan marah!" (HR.Bukhari)

 

Barangsiapa menimbulkan sesuatu yang baru dalam urusan (agama) kita yang bukan dari ajarannya, maka tertolak. (HR. Bukhari)

 

Pergunakanlah masa sehatmu sebelum sakit dan masa hidupmu sebelum mati.(HR. Bukhari)

 

Barang siapa meninggalkan shalat jum'at krn meremehkannya tanpa suatu alasan, maka Allah akan mengunci hatinya.(HR.Bukhari)

 

Barangsiapa dikehendaki Allah kebaikan baginya maka dia diuji (dicoba dengan suatu musibah). (HR. Bukhari)

 

Barangsiapa ingin dilapangkan rizkinya dan dipanjangkan umurnya, hendaknya ia menghubungkan tali kekerabatan (HR. Bukhari)

 

Seorang suami adalah pemimpin dan akan dimintai pertanggungjawaban atas keluarganya. dan seorang istri bertanggung jawab atas Rumah Tangga suaminya dan akan dimintai pertanggungjawaban atas anggota yang dipimpinnya.. (H.R. Bukhari)

 

Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam. melaknat para laki-laki yang menyerupai kaum wanita dan wanita yang menyerupai kaum laki-laki," (HR Bukhari [5885])

 

Sesungguhnya Allah tidak melihat bentuk kamu dan hartamu, tetapi ia melihat hati dan perbuatanmu.” (riwayat Muslim dan Bukhari).

 

Rasulullah berkata: Sesungguhnya akan ada segolongan orang dari kaumku yang menghalalkan zina, kain sutera, khamr, dan alat musik ( hadits riwayat Al-Bukhari )

 

Allah melaknat wanita yang membuat tato, wanita yang minta dibuatkan tato, wanita yang mencabut alisnya, wanita yang minta dicabutkan alisnya, dan melaknat wanita yang mengikir giginya untuk tujuan memperindahnya, wanita yang merubah ciptaan Allah Azza wa Jalla.” (HR. Bukhari dan Muslim)

 

Jauhilah tujuh dosa besar yang mencelakakan, para sahabat berkata: " apakah itu wahai Rasulullah?", Rasul bersabda: " Syirik (menyekutukan Allah), dan sihir, dan membunuh orang yang dilarang oleh Allah kecuali dengan kebenaran, dan memakan riba, dan memakan harta anak yatim, dan melarikan diri dari peperangan, dan menuduh zina terhadap wanita baik-baik". ( Shahih Al Bukhari )

 

Tidak ada iri hati kecuali terhadap dua perkara, yakni seorang yang diberi Allah harta lalu dia belanjakan pada sasaran yang benar, dan seorang diberi Allah ilmu dan kebijaksaan lalu dia melaksanakan dan mengajarkannya. (HR. Bukhari)

 

Barangsiapa yang memperhatikan kepentingan saudaranya,maka Allah akan memperhatikan kepentingannya.Barangsiapa yang melapangkan suatu kesulitan sesama muslim, maka Allah akan melapangkan satu kesulitan dari beberapa kesulitan dihari kiamat. Dan barangsiapa yang menutupi kejelekan orang lain maka Allah akan menutupi kejelekannya dihari kiamat." (HR Bukhari Muslim)

 

“Rasulullah SAW memperbanyakkan amalan apabila sampai hari yang kesepuluh terakhir daripada bulan Ramadhan, baginda juga membangunkan isterinya agar beribadat (sembahyang sunat, membaca al-Quran, berzikir dan lainnya) Baginda juga menjauhkan diri daripada bergaul serta bermesra dengan isterinya.” (al-Bukhari dan Muslim)

 

Barangsiapa yang Allah akan berikan kebaikan kepada seseorang, maka Allah memberi kefahaman dalam ilmu agama."(HR. Bukhari Muslim)

 

Dan siapa pun yang berupaya bersabar, maka Allah akan membuatnya sabar. Tidak ada anugerah yang lebih baik dan lebih besar yang diberikan kepada seseorang selain kesabaran”.(al-Bukhari)

 

Siapapun yang mengucapkan 'subhanallah wa bihamdihi' (Maha suci Allah dan segala puji bagi-Nya) seratus kali sehari, semua dosanya akan diampuni Allah meskipun (dosanya) sebanyak buih lautan". (al-Bukhari)

 

Berusahalah untuk mencari Lailatul Qadar pada malam yang ganjil dari sepuluh malam terakhir di bulan Ramadhan.”~(al-Bukhari)

 

Allah berfirman dalam hadis qudsi yang bermaksud,” Tiada balasan bagi seseorang hamba-Ku yang telah Aku ambil kembali kekasihnya, kemudian orang itu mengharapkan pahala daripada-Ku melainkan orang itu akan mendapat balasan syurga.” ~[Riwayat Bukhari]

 

”Nabi s.a.wpernah solat memakai baju bergambar (bercorak-corak). Suatu ketika nabi s.a.w terlihat kepada gambar di baju itu. Setelah selesai solat, nabiberkata:”Bawalah bajuku ini kepada Abu Jahm dan bawa kembali tukaran dari pada Abu Jahm. Baju ini melalaikanku sebentar tadi dari solatku.” [al-Bukhari]

 

Rasulullah Saw berdoa kepada Allah ; “ya Allah! aku berlindung kepadamu dari kekikiran, dari kemalasan, dari kepikunan, dari azab kubur, dari fitnah Dajjal, dan dari fitnah hidup dan mati”. [HR Bukhari]

 

“Barang siapa tidak meninggalkan ucapan dusta dan berbuat jahat (padahal dia puasa), maka Allah tidak butuh ia meninggalkan makan dan minum” [Bukhari] 

 

Amal apakah yg paling dicintai Allah?" Rasulullah berkata,"yg dikerjakan secara tetap walaupun sedikit." Sabdanya lagi,"Lakukanlah amal perbuatan yang sanggup kamu lakukan" (HR. Bukhori)

 

DaripadaAbu Hurairah r.a. katanya, Rasulullah s.a.w. bersabda, “Apabila seseorang kamu berpuasa, janganlah ia bercakap perkara-perkara yang kotor dan sia-sia, dilarang juga bertengkar dan memaki hamun. Apabilaia dimaki hamun oleh seseorang atau pun diajak bermusuhan maka hendaklah ia berkata, “Sesungguhnya aku berpuasa hari ini” ~(al-Bukhari dan Muslim)

 

Dari Abdullah r.a katanya, nabi s.a.w bersabda:”Memaki orang Muslim adalah (fasiq) dan membunuhnya, kafir.” ~(al-Bukhari)

 

Seorang Arab Badwi telah membuang air kecil di dalam masjid, lalu orang ramai pun bangun hendak bertindak keatasnya. Maka rasulullah s.a.w bersabda (yang maksudnya): “Biarkan dia (hingga selesai ia membuang air kecil) dan siramkan segayung air ke atas kencingnya itu. Sesungguhnya kamu diperintah untuk memberi kemudahan, bukan untuk mendatangkan kesusahan.” ~(Riwayat al-Bukhari)

 

Dari Uthman ,r.a , katanya: Rasulullah s.a.w bersabda: “ Sesiapa yang membina sesebuah masjid (atau surau) secara ikhlas kerana Allah, nescaya Allah akan membina untuknya sebuah rumah di Syurga.” ~(Riwayat Bukhari dan Muslim)

 

Abu Hurairah r.a. berkata, Rasulullah s.a.w. bersabda; “Apabila masuk bulan Ramadhan terbukalah pintu-pintu syurga dan terkuncilah segala pintu neraka manakala sekelian syaitan dirantai dan dibuka segala pintu rahmat.” ~(Bukhari & Muslim)

 

Dari Abu Hurairah r.a. bahawa Nabi s.a.w. bersabda; “Sesiapa yang berpuasa Ramadhan dengan penuh keimanan dan pengharapan, akan diampunkan segala dosa-dosanya yang terdahulu.” ~(Bukhari & Muslim)

 

Rasulullahs.a.w. bersabda: “Agama Islam ditegakkan atas lima perkara, iaitu mengucap dua kalimah syahadat, mendirikan sembahyang fardhu, mengeluarkan zakat, menunaikan haji ke Baitullah (jika mampu), dan berpuasa pada bulan Ramadhan.” ~(al-Bukhari dan Muslim)

 

Rasulullah s.a.w.adalah seorang yang sangat pemurah kepada orang lain, lebih-lebih lagi pada bulan Ramadhan ketika baginda didatangi oleh jibril a.s. Jibril datang berjumpa baginda pada setiap malam lalu mengajar al-Quran kepada Baginda. Sesungguhnya Baginda bersifat pemurah dengan bersegera melakukan kebaikan umpama angin yang bertiup kencang.”~(al-Bukhari dan Muslim)

 

Jika kamu memakai sandal (kasut), pakailah yang kanan terlebih dahulu. Tetapi jika membukanya, yang kiri dahulu dibuka. Maka yang kanan adalah yang mula-mula dipakai dan yang terakhir dibuka.” (al-Bukhari)

 

Siapa yg menghilangkan satu kesusahan seorang muslim, maka Allah menghilangkan satu kesusahan baginya dari kesusahan2 hari kiamat. (Bukhari 2262)

 

Barangsiapa tidak menyukai sesuatu dari tindakan penguasa maka hendaklah bersabar. Sesungguhnya orang yang meninggalkan (membelot) jamaah walaupun hanya sejengkal maka wafatnya tergolong jahiliyah. (HR. Bukhari dan Muslim)

 

Jika engkau berada di waktu sore, jangan engkau tunggu waktu pagi, jika engkau berada di waktu pagi, jangan engkau tunggu waktu sore. Ambillah manfaat masa sehatmu untuk menyambut datangnya masa sakitmu. Dan ambillah manfaat masa hidupmu untuk menyambut datangnya kematianmu.( HR Bukhori )

 

"Wahai kalian! Negeri-negeri sebelum kalian telah tersesat karena apabila seorang yang mulia melakukan pencurian mereka selalu memaafkannya, tetapi jika seorang yang lemah di antara mereka melakukan pencurian, mereka selalu menjatuhkan hukuman kepadanya. Demi Allah, jika Fatimah, anak perempuan Muhammad, melakukan pencurian, Muhammad akan memotong tangannya." (Bukhari).

 

Sesungguhnya sebagian ajaran yang masih dikenal umat manusia dari perkataan para nabi terdahulu adalah: ‘Bila kamu tidak malu, berbuatlah sesukamu.” (HR Bukhari)

 

Mayit akan diikuti oleh tiga perkara (menuju kuburnya), dua akan kembali, satu akan tetap.Mayit akan diikuti oleh keluarganya, hartanya,dan amalnya. Keluarganya dan hartanya akan kembali, sedangkan amalnya akan tetap".[HR Bukhari, Muslim, Tirmidzi, Nasa-i]
 

Dari Anas radliallahu 'anhu, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, Apabila Allah menghendaki kebaikan pada seorang hambaNya maka Dia akan menyegerakan hukuman baginya di dunia; sedang apabila Allah menghendaki keburukan pada seorang hambaNya maka Dia menangguhkan dosanya sampai Dia penuhi balasannya nanti di hari Kiamat. (HR. At-Tirmidzi dan Al-Hakim)

 

Dari Abu Hurairah berkata, "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Dijadikannya Imam itu untuk diikuti, jika ia takbir maka bertakbirlah kalian, jika ia rukuk maka rukuklah kalian, jika ia mengucapkan 'SAMI'ALLAHU LIMAN HAMIDAH (Semoga Allah mendengar orang yang memuji-Nya) ', maka ucapkanlah oleh kalian 'RABBANAA WA LAKAL HAMDU (Ya Rabb kami, milik Engkaulah segala pujian) ', jika ia sujud maka sujudlah kalian, dan jika ia shalat dengan duduk maka shalatlah kalian semua dengan duduk." (HR. Bukhari No.692)

 

Dari 'Aisyah radhiyallahu'anha, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Jika salah seorang dari kalian mengantuk saat shalat hendaklah ia tidur (dulu) hingga hilang kantuknya, karena bila shalat dalam keadaan mengantuk ia tidak menyadari, mungkin ia bermaksud beristighfar padahal bisa jadi ia mencaci dirinya." (HR. Bukhari 205)

 

Dari bapaknya Abdurrahman bin Abu Bakrah radliallahu 'anhu, Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Ada dua bulan yang tidak akan kurang dalam bulan (sama bilangan harinya) yaitu bulan Ramadhan dan Dzul Hijjah". (HR. Bukhari 1779)

 

Abu Hurairah radliallahu 'anhu berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam berkata tentang bulan Ramadhan: "Barangsiapa yang menegakkannya karena iman kepada Allah dan mengharapkan pahala (hanya dariNya) maka akan diampuni dosa-dosa yang telah dikerjakannya". (HR. Bukhari 1869)

 

Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Sebaik-baik sedekah adalah setelah kecukupan terpenuhi. Dan mulailah dari orang yang menjadi tanggunganmu." (HR. Bukhari 4937)

 

Dari Jabir bin 'Abdullah, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Barangsiapa berdo'a setelah mendengar adzan: ALLAHUMMA RABBA HAADZIHID DA'WATIT TAMMAH WASHSHALAATIL QAA'IMAH. AATI MUHAMMADANIL WASIILATA WALFADLIILAH WAB'ATSHU MAQAAMAM MAHMUUDANIL LADZII WA'ADTAH (Ya Allah. Rabb Pemilik seruan yang se...mpurna ini, dan Pemilik shalat yang akan didirikan ini, berikanlah wasilah (perantara) dan keutamaan kepada Muhammad. Bangkitkanlah ia pada kedudukan yang terpuji sebagaimana Engkau telah jannjikan) '. Maka ia berhak mendapatkan syafa'atku pada hari kiamat." (HR. Bukhari No. 579)

 

Dari Abdurrahman bin Abu Bakrah dari ayahnya mengatakan, Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Dosa yang paling besar diantara dosa-dosa besar lainnya adalah menyekutukan Allah, durhaka kepada orang tua, kesaksian palsu, kesaksian palsu (beliau mengulanginya tiga kali), atau ucapan dusta, " beliau tidak henti-henti mengulang-ulanginya sehingga kami mengatakan; 'Duhai, sekiranya beliau diam.' (HR. Bukhari 6408)

Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Shalat berjama'ah salah seorang dari kalian lebih utama dua puluh lima (pahala) daripada shalat salah seorang dari kalian sendirian. Malaikat malam dan malaikat siang berkumpul saat shalat Fajar, dan bacalah jika engkau menghendaki, 'Dan (dirikanlah pula shalat) Subuh'.... Sesungguhnya shalat subuh disaksikan (oleh malaikat). (HR. Nasa'i 482, Muslim 1035, Bukhari 612)

 

Dari Jabir bin Abdullah radliallahu 'anhuma dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam beliau bersabda: "Setiap perbuatan ma'ruf (=baik) adalah sedekah." (HR.Bukhari No.5562)

 

Dari Anas bin Malik radliallahu 'anhu dia berkata; Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Janganlah salah seorang dari kalian mengharapkan kematian karena musibah yang menimpanya, kalau memang hal itu harus, hendaknya ia mengatakan; Ya Allah, hidupkanlah aku jika kehidupan itu baik untukku, dan matikanlah aku jik.a kematian itu baik bagiku." (HR. Bukhari No. 5239)

 

Dari Anas radliallahu 'anhu mengatakan, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "'Tolonglah saudaramu baik ia zhalim atau dizhalimi." Ada seorang laki-laki bertanya; 'ya Rasulullah, saya maklum jika ia dizhalimi, namun bagaimana saya menolong padahal ia zhalim? ' Nabi menjawab; "engkau mencegahnya atau menaha...nnya dari kezhaliman, itulah cara menolongnya." (HR. Bukhari 6438, 2264)

 

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Ada seseorang di antara umat sebelum kalian, menderita luka-luka tapi dia tidak sabar lalu dia mengambill sebilah pisau kemudian memotong tangannya yg mengakibatkan darah mengalir dan tidak berhenti hingga akhirnya dia meninggal dunia. Lalu Allah Ta'ala berfirman: "Ham...ba-Ku mendahului Aku dengan membunuh dirinya maka AKU haramkan baginya surga". (HR. Bukhari No.3204)

 

Dari Abu Musa radhiallahu 'anhuma, Nabi shallallahu 'alaihi wasallam beliau bersabda: "Sesungguhnya seorang mukmin dgn mukmin lainnya seperti satu bangunan yang saling menguatkan satu sama lain." kemudian beliau menganyam jari jemarinya. (HR.Bukhari No. 459; 2266; 5567; HR. Muslim No. 4684)

 

Rasulullah SAW bersabda: "Ada lima kunci ghaib yg tdk diketahui seorgpun kecuali Allah; tidak seorgpun yg mengetahui apa yg akan terjadi esok hari, dan tidak seorgpun yg mengetahui apa yg tersembunyi dalam rahim, dan tak satu jiwa pun yg tahu apa yg akan diperbuatnya esok, dan tak satu jiwa pun yg tahu di bumi mana dia... akan mati serta tidak seorgpun yg mengetahui kapan turunnya hujan." (HR.Bukhari No.981)

 

Abdullah bin Umar radhiallahu 'anhuma berkata; Aku mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Tidak diperbolehkan hasad kecuali pada dua hal, yaitu; Seseorang yang diberi karunia Alquran oleh Allah sehingga ia membacanya (shalat dengannya) di pertengahan malam dan siang. Dan seseorang yang diberi karu...nia harta oleh Allah, sehingga ia menginfakkannya pada malam dan siang hari." (HR.Bukhari No.4637)

 

Dari Abdullah bin 'Amru; Ada seseorang yang bertanya kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam; "Islam manakah yang paling baik?" Nabi shallallahu 'alaihi wasallam menjawab: "Kamu memberi makan, mengucapkan salam kepada orang yang kamu kenal dan yang tidak kamu kenal". (HR Bukhari No.11 Kitab Iman)

 

Dari Abu Hamzah, Anas bin Mâlik Radhiyallahu 'anhu, dari Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda: “Tidak sempurna iman seseorang di antara kalian hingga ia mencintai untuk saudaranya segala apa yang ia cintai untuk dirinya sendiri berupa kebaikan”. [HR al-Bukhâri dan Muslim].

 

Dari Anas bin Malik dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, beliau bersabda: "Tiga perkara yg apabila ada pada diri seseorang, ia akan mendapatkan manisnya iman: Dijadikannya Allah dan Rasul-Nya lebih dicintainya dari selain keduanya. Jika ia mencintai seseorang, dia tidak mencintainya kecuali karena Allah. Dan dia benci kembali kepada kekufuran seperti dia benci bila dilempar ke neraka" (HR Bukhari No.15 Kitab Iman)

 

Dari Abu Hurairah Radhiallahu’anhu. dari Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda yang artinya, "Barang siapa meminjam harta orang lain dengan niat mengembalikannya niscaya Allah akan menolongnya untuk mengembalikannya. Dan barangsiapa meminjam harta orang lain untuk memusnahkannya niscaya Allah akan memusnahkannya," (HR Bukhari [2387]).

 

Rasulullah SAW bersabda,"Sesungguhnya azab penghuni neraka yg paling ringan ialah seorang memakai dua sandal dari api, maka mendidihlah otaknya disebabkan oleh panas yg dihasilkan oleh kedua sandal tsb." (HR Muslim:212). Dlm hadits yg lain dikatakan bahwa orang yg diazab itu mengira bahwa tdk ada yg mendapatkan azab le...bih berat drpd dirinya, padahal dia mendapatkan azab yg paling ringan. (HR Bukhari:6562, Muslim:213)

 

Diriwayatkan dari Ibnu Abbas r.a, ia berkata, "Rasulullah saw. melaknat para laki-laki yang menyerupai kaum wanita dan wanita yang menyerupai kaum laki-laki," (HR Bukhari [5885])

 

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, "Seorang muslim yang baik adalah yang menjaga tangan dan lisannya sehingga tidak menyakiti saudara muslimnya yang lain" (HR. Bukhari no. 10 dan Muslim no. 41)

 

Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a, ia berkata, "Aku pernah mendengar Rasulullah saw. bersabda, "Hembusan angin adalah rahmat Allah, terkadang mendatangkan rahmat dan terkadang mendatangkan siksa. Apabila kalian merasakannya maka janganlah kalian memakinya, tetapi mintalah kepada Allah kebaikan angin tersebut dan berlindunglah kepada Allah dari kejahatannya," (Shahih, HR Bukhari dalam Adaabul Mufrad [7200])

 

Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda: "Sesungguhnya Rabb kami yg Maha Berkah lagi Maha Tinggi turun setiap malam ke langit dunia hingga tersisa sepertiga akhir malam, lalu berfirman; barangsiapa yg berdoa, maka Aku akan kabulkan, barangsiapa yg memohon, pasti Aku akan perkenankan dan barangsiapa yg meminta amp...un, pasti Aku akan mengampuninya". [Shahih Al-Bukhari, kitab Da'awaat bab Doa Nisfullail 7/149-150]

 

Dari Abdullah bin Amr bin Ash RA, Nabi SAW: "Ada 4 hal jika dimiliki seluruhnya oleh seseorg berarti ia adalah seorg munafik sejati dan jika ada salah satunya pada diri seseorg berarti ia masih memiliki sifat munafik hingga ia meninggalkan perbuatan tsb: jika diberi amanah ia berkhianat, jika berbicara ia berdusta, jika berjanji ia mengingkari, dan apabila ia bertengkar ia berbuat jahat," (HR Bukhori-34; Muslim-58)

 

Nabi SAW, bersabda : “Tidak ada kewajiban ta’at dalam rangka bermaksiat (kepada Allah). Ketaatan hanyalah dalam perkara yang ma’ruf (bukan maksiat).” (HR.Bukhari no. 7257)

 

Dari Abu Malik al-Asy'ari RA, Nabi SAW:"Akan ada di kalangan umatku suatu kaum yg menghalalkan zina, sutra, khamr, alat musik & sungguhnya bbrp kaum akan mendatangi lokasi dekat gunung tinggi lalu mrk didatangi orang2 yg berjalan kaki utk suatu keperluan. Mrk berkata,'Kembalilah sini besok' Malam harinya Allah menimpakan gunung tsb kpd mrk & sebagian yg lain dikutuk jadi monyet & babi hingga kiamat."(HR Bukhari 5590)

 

Dari Haritsah bin Wahb r.a, ia berkata, "AKu pernah mendengar Rasululah saw. bersabda, 'Maukah kamu aku beritahu tentang penduduk surga? mereka semua adalah orang-orang lemah yang tawadhu', namun jika bersumpah niscaya Allah akan mengabulkan sumpahnya. Maukah kamu aku beritahu tentang penduduk neraka? Mereka semua adal...ah orang-orang keras lagi kasar, tamak lagi rakus, dan takabbur'," (HR Bukhari-4198 ; Muslim-2853).

 

Diriwayatkan dari 'Abdullah bin Mas'ud r.a. berkata, "Rasulullah bersabda, 'Janganlah kalian saling berselisih. Sesungguhnya yang mengakibatkan binasa ummat-ummat sebelum kalian adalah karena saling berselisih," (HR Bukhari [5062]).

 

Diriwayatkan dari Ibnu Abbas r.a, ia berkata, "Rasulullah saw. melaknat para laki-laki yang menyerupai kaum wanita dan wanita yang menyerupai kaum laki-laki," (HR Bukhari [5885])

 

Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaknya berkata baik atau diam, barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaknya memuliakan tetangganya, barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaknya memuliakan tamunya.” (...Shahih, HR.Bukhari [Al Adab/6018/Fath], HR. Muslim [Al Iman/37/Abdul Baqi])

 

Dari Abdullah bin Abbas radhiyallahu’anhuma, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Seandainya anak Adam memiliki dua lembah harta niscaya dia akan mencari lembah yang ketiga. Tidak ada yang dapat memenuhi (kerakusan) perut anak Adam selain tanah. Dan Allah akan menerima taubat bagi siapa saja yang mau bertaubat kepada-Nya.” (HR. Bukhari dalam Kitab Ar-Riqaq [6072]).

 

Dari Abu Hurairah,Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda: “Bukanlah kekayaan itu dengan banyaknya harta benda, akan tetapi kekayaan (yang hakiki) itu adalah kecukupan di dalam hati.” (Al-Bukhari dan Muslim)

 

Diriwayatkan dari Abu Hurairah RA, dari Nabi SAW. beliau bersabda, "SesungguhnyaAllah menyukai bersin dan membenci menguap. Jika seseorang bersin danmengucapkan alhamdulillah, maka bagi semua muslim yang mendengarhendaknya mengucapkan tasymit (ucapan yarhamukallah). Adapun menguapberasal dari syaitan. Oleh karena itu h...endaklah dilawan semampunya danjika ia katakan, 'aah', maka syaitan pun tertawa," (HR Bukhari [6223]).

 

Diriwayatkan dari Abdullah bin Mas'ud r.a, ia berkata, Rasulullah saw. bersabda, "Janganlah seorang wanita melihat aurat wanita lainnya lalu ia menceritakan sifat-sifatnya kepada suaminya seolah-olah suaminya melihat," (Bukhari [524)

 

Dari Ibnu Abbas RA ia berkata, "Rasulullah saw. melintas di salah satu kebun Madinah atau Makkah, lalu beliau mendengar suara dua orang manusia yg sedang disiksa di dalam kuburnya. Lantas beliau bersabda, 'Mereka berdua sedang disiksa dan tidaklah mereka disiksa karena dosa besar. Tentu! Adapun salah seorang diantara m...ereka tidak bersuci dari kencing dan yg satu lagi suka menghasut'," (HR Bukhari 216 dan Muslim 292)

 

Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: "Sesungguhnya ada sesorang hamba berbicara dgn satu kalimat yg diridhoi Allah yg tdk ia anggap penting, ia terangkat bbrp derajat karenanya dan sesungguhnya seseorang berbicara dgn satu kalimat yg dimurkai Allah yg tdk dianggapnya penting, Allah memasukkannya karenanya ke dlm neraka jahanam" (HR Bukhori, 11/266, 267) 

 

Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Pandanglah orang yang berada di bawahmu (dalam masalah harta dan dunia) dan janganlah engkau pandang orang yang berada di atasmu (dalam masalah ini). Dengan demikian, hal itu akan membuatmu tidak meremehkan nikmat Allah padamu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

 

Diriwayatkan dari Abdullah bin Abbas r.a, bahwa Rasulullah saw. berkata dalam khutbah gerhana matahari, "Akutelah melihat neraka. Dan aku sama sama sekali tidak pernah melihat pemandangan seperti hari ini. Dan aku lihat kebanyakan penghuninyaadalah kaum wanita." Mereka bertanya, "Mengapa wahai Rasulullah?" "Karena kekuf...uran mereka," jawab beliau.Ada yang bertanya, "Apakah mereka kufur kepada Allah" Rasul menjawab, "Merekamengkufuri suami dan mengkufuri kebaikannya. Seandainya engkau berbuatbaik kepadanya selamanya kemudian ia melihat sesuatu yang tidak iasenangi ia akan berkata, "Aku tidak melihat kebaikan sedikit pun dari dirimu," (HR Bukhari [5197]).

 

Dari Abu Hurairah RA: "Datang seseorg kpd Rasulullah SAW dan berkata, 'Wahai Rasulullah, kpd siapakah aku harus berbakti pertama kali ?' Nabi SAW menjawab, 'Ibumu!' Org tsb kembali bertanya, 'Kemudian siapa lagi ?' Nabi SAW menjawab, 'Ibumu!' Ia bertanya lagi, 'Kemudian siapa lagi?' Nabi SAW menjawab, 'Ibumu!', Org tsb... bertanya kembali, 'Kemudian siapa lagi, 'Nabi SAW menjawab, 'Bapakmu'"[HR Bukhari 5971,Muslim 2548]

 

Dari Haritsah bin Wahb r.a, Rasululah saw. bersabda, 'Maukah kamu aku beritahu tentang penduduk surga? mereka semua adalah orang-orang lemah yang tawadhu', namun jika bersumpah niscaya Allah akan mengabulkan sumpahnya. Maukah kamu aku beritahu tentang penduduk neraka? Mereka semua adalah orang-orang keras lagi kasar, t...amak lagi rakus, dan takabbur'," (HR Bukhari [4198] dan Muslim [2853]).

 

Seorang wanita berpuasa sedang suaminya hadir (ada di rumah) kecuali dengan izinnya. Dan tidak halal mengizinkan orang lain masuk ke dalam rumahnya kecuali dengan seizin suaminya. Dan harta yang ia infakkan tanpa perintah dari suaminya, maka diber...ikan setengah pahala untuk suaminya," (HR Bukhari [5195] dan Muslim [1026])

 

Dari Abu Hurairah radliyallaahu 'anhu, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Tidak satu hari pun dimana pagi harinya seorang hamba ada padanya kecuali 2 malaikat turun kepadanya, salah satu diantara keduanya berkata, 'Ya Allah, berikanlah ganti bagi orang yang berinfak.' Dan lainnya berkata, 'Ya All...ah, hancurkanlah harta orang yang pelit.'" (Shahih Bukhari no. 1442 dan Shahih Muslim no. 1010)

 

Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a, bahwasanya Rasulullah saw. bersabda, "Barangsiapa mengintip rumah suatu kaum tanpa izin mereka, berarti telah halal bagi mereka untuk mencungkil mata orang tersebut," (HR Bukhari [6888] dan Muslim [2158]).

 

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda kepada Abdurrahman bin Samurah radhiallahu ‘anhu: “Janganlah engkau (berambisi) mencari kepemimpinan, karena sesungguhnya hal itu adalah kehinaan dan penyesalan pada hari kiamat nanti.” (hadits shahih riwayat imam al-Bukhari (no. 6248) dan Muslim (no. 1652), dan riwayat Muslim (no. 1825)

 

Dari Ibnu Umar RA, Nabi SAW bersabda,“Potong pendeklah kumis dan biarkanlah (peliharalah) jenggot.” (HR. Muslim no. 623) ; Dari Abu Huroiroh, Nabi SAW bersabda,"Pendekkanlah kumis dan biarkanlah (perihalah) jenggot dan selisilah Majusi.” (HR. Muslim no. 626) ; Dari Ibnu Umar RA, Nabi bersabda,“Selisilah orang-orang mus...yrik. Biarkanlah jenggot dan pendekkanlah kumis.” (HR. Bukhari no. 5892)

 

Nabi SAW bersabda, "Jika adzan dikumandangkan untuk shalat maka setan menyingkir sambil mengeluarkan suara kentut hingga tidak mendengar suara adzan," (HR.Bukhari 608, 3385; Muslim 389)

 

Dari Ma'qil bin Yasar r.a, Rasulullah saw. bersabda,"Lebih baik kepala seseorang ditusuk dgn jarum besi drpd ia menyentuh wanita yg tidak halal baginya," (Hasan, HR ath-Thabrani dlm al-Kabir (174)). Dari Aisyah r.a, ia berkata, "Demi Allah, tangan Rasulullah saw. tdk pernah menyentuh tangan wanita ketika membaiat. Beli...au membaiat mereka hanya dgn ucapan, "Aku telah membaiatmu untuk ini dan ini," (HR Bukhari [4891])

 

Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a, bahwasanya Rasulullah saw. bersabda, "Demi Allah tidak beriman, demi Allah tidak beriman, demi ALlah tidak beriman." Ditanyakan, "Siapa yang tidak beriman wahai Rasulullah?" beliau menjawab, "Yaitu orang yang tetangganya tidak aman dari kejahatannya." (HR Bukhari [6016] dan Muslim [46])

 

Dari Abu Hurairah RA, Nabi SAW: "Bagaimana menurut kalian kalau seandainya ada sebuah sungai di depan pintu rumah kalian & dia mandi di sana sehari 5 kali. Apakah masih ada sisa kotoran yg ditinggalkan olehnya?” Para sahabat menjawab, “Tentu saja tdk ada lagi kotoran yg masih ditingalkan olehnya.” Maka beliau bersabda,... “Dmkian itulah perumpamaan shalat 5 waktu dpt menghapuskan dosa2.” (HR. Bukhari[528],Muslim[667])

 

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam merupakan orang yang paling dermawan, dan beliau lebih dermawan sekali di bulan Ramadhan.” (HR. Bukhari dan Muslim)



 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar